Goblin (2016) - Sinopsis, Cast dan OST

Diperankan oleh Gong Yoo dan Kim Go-Eun - Drama tentang Goblin, Malaikat maut dan arwah yang hilang


UpdateArtisKorea - Sinopsis Drama Goblin menceritakan tentang seorang panglima kerajaan yang hidup sampai hari ini karena kutukan yang dimilikinya. Dia memiliki pedang yang tertancap di dadanya karena dibunuh oleh rajanya sendiri.

Selama hidupnya dia hanya mencari siapa yang akan menjadi pengantinnya yang akan mencabut pedang tersebut.
gong yoo goblin

Pada awalnya dia tahu bahwa dia hidup kembali berkat karunia sang dewa, namun belakangan dia menyadari itu adalah kutukan baginya.

Selama pedang yang tertancap di dadanya itu belum tercabut maka selama itu pula kutukannya sebagai goblin akan terus ada. Sampai saat itu Goblin yang diperankan oleh Gong Yoo telah hidup selama lebih dari 900 tahun.

Selama hidupnya dia telah bertemu dengan berbagai macam orang. Dia juga menyaksikan orang-orang di sekitarnya mati.

Lee dong wook dalam perannya sebagai malaikat maut

lee dong wook - goblin

Malaikat maut itu diperankan oleh lee dong wook. Dalam drama ini dijelaskan bahwa semua malaikat maut memiliki latar belakang kehidupan yang buruk.

Dia hidup di bumi layaknya sebagai manusia pada umumnya.

Namun saat dia memakai topi hitamnya dia pun menjalakan tugasnya sebagai malaikat maut yang hendak mengantar arwah ke kehidupan selanjutnya.

Suatu hari dia mendapat tugas untuk menjemput arwah seorang ibu yang sedang hamil yang kecelakaan. Namun sesampainya di tempat kejadian dia tidak menemukan arwah tersebut.

Arwah tersebut ternyata telah diselamatkan oleh Goblin yang kebetulan sedang kasihan melihat ibu tersebut sekarat di jalan.

Pengantin Goblin yang diperankan oleh kim Go Eun

kim eun go - goblin

Suatu hari ibu yang sudah diselamatkan hidupnya oleh goblin telah melahirkan anak perempuan yang bernama Eun Tak yang diperankan oleh Kim Go Eun.

Saat usianya yang ke 9 dia harus kehilangan ibunya. Dia akhirnya harus tinggal dengan keluarga bibinya sampai berada di bangku sekolah menengah atas. Namun di sana dia diperlakukan tidak baik.

Suatu hari dia berjalan pulang lalu kemudian berpapasan dengan sang goblin. Awalnya terasa tidak ada apa-apa namun sang goblin itu merasakan ada sesuatu pada anak itu.

Eun Tak sangat merindukan ibunya, dia pergi ke tepi pantai lalu meniupkan kue ulang tahun buat dirinya sendiri.

Namun secara kebetulan goblin muncul di dekatnya dengan membawa bunga soba yang melambangkan bahwa itu adalah kekasih.

Eun tak pun berkenalan dengan goblin dan goblin memberitahukan bahwa dia mencari pengantinnya selama hidupnya. Cara dia untuk  muncul di hadapan Eun Tak adalah dengan cara memadamkan api dengan tiupan ke lilin kue tadi.

Ah...

Tugas pengantin goblin adalah mencabut pedang yang ada di dada goblin supaya goblin bisa hidup dengan tenang. Tapi pada saat itu Eun tak tidak tahu hal tersebut. Dia hanya semakin dekat dengan si Goblin karena rasa sayang.

Kelebihan Eun Tak adalah dia mampu melihat hantu. 

Di sekelilingnya dia sering mendengar hantu-hantu menceritakan dirinya sebagai pengantin sang goblin. Dia juga memiliki tanda lahir yang hanya diketahui oleh sang goblin pada bagian lehernya.

Selain itu Eun Tak juga bisa melihat sosok sang Malaikat Maut.

Tinggal satu rumah

sinopsis drama goblin 2016 lengkap dengan ost

Goblin, Malaikat maut dan Eun Tak tinggal serumah. Selama itu Eun Tak mencari tahu siapa sebenarnya Goblin itu. Sedangkan si Malaikat Maut sibuk untuk mencari masa lalunya sendiri.

Suatu hari Malaikat Maut bertemu dengan wanita yang mana adalah bos dari Eun Tak tempat ia bekerja sampingan di restoran ayam goreng. Saat itu tiba-tiba si Malaikat Maut meneteskan air mata ketika melihat wanita itu.

Nama wanita itu adalah Sunny.
Yoo In‑na - Goblin 2016

Kehidupan masa lalu

Pendalaman karakter antara karakter di drama Goblin dibuat sangat menarik. Ternyata mereka semua adalah pernah hidup di masa lalu, kecuali Eun Tak.

Pertama Goblin, yang masa lalunya adalah seorang prajurit. Nama aslinya adalah Kim Shin. Di masa lalu dia memiliki adik yang bernama Kim Sun.
sinopsis goblin

Ternyata adiknya itu adalah Sunny di masa sekarang yang telah berenkarnasi dan mendapatkan kehidupan ke-2 nya.

Nama raja yang membunuh Kim Shin adalah Wang Yeo, yang mana itu adalah masa lalu dari malaikat maut.
wang yeo goblin sinopsis

Di masa lalu Kim Sun adalah istri dari raja Wang Yeo. 

Ini yang menyebabkan malaikat maut selalu kangen sama Sunny, di jaman sekarang mereka dipertemukan kembali. Hanya Kim Shin yang mengetahui hubungan tersebut.

Sunny baru mengetahui kalau dia adalah adik dari Kim Shin setelah melihat masa lalunya saat dicium oleh malaikat maut.

Kemampuan malaikat maut adalah dia bisa melihat masa lalu seseorang saat memegang tangannya, dan ketika dia mencium orang itu  dia akan memperlihatkan masa lalu orang yang diciumnya.

Pantas saja ketika Sunny pertama kali memanggil Kim shin dia memanggilnya dengan sebutan "orabeoni".

(Orabeoni adalah istilah untuk panggilan adik perempuan kepada kakak laki-laki di masa kerajaan).

Sang raja sebelumnya telah berpesan pada Kim Shin untuk mati saat peperangan itu namun dia kembali dengan membawa kemenangan.  Oleh karena itu sang raja marah dan menghukum Kim Sun dan Kim shin dengan kematian.

Setelah kematian Kim Sun, sang raja menyesal. Dia merindukan permaisurinya yang dahulu. Setiap hari yang dia lakukan adalah melukis wajah istrinya.

Dan lukisan itu sampai saat ini masih disimpan oleh Kim Shin. Pantas saja saat malaikat maut melihat lukisan tersebut tiba-tiba dia selalu teringat dengan seseorang. Ternyata benar dia adalah Kim Sun aka Sunny di masa kini.

Ending drama Goblin

sword goblin sinopsis

Pada saat cerita Goblin harus berakhir, inilah poin-poinnya.

  1. Pada episode 13 pedang yang tertancap di dada Kim shin akhirnya bisa dicabut oleh Eun Tak.
  2. Kim Shin menjadi debu dan menghilang dari bumi dan menjalani kehidupannya di dunia lain.
  3. Setelah kepergian Kim Shin semua orang yang pernah berhubungan dengannya menjadi lupa padanya, kecuali Sunny dan Malaikat Maut.
  4. Saat Kim shin menghilang, Eun tak mengambil bukunya dan menuliskan detail tentang Kim Shin.
  5. Selama 9 tahun Eun Tak hidup dalam kesedihan, dia tidak tahu mengapa itu terjadi pada dirinya.
  6. Hingga suatu hari dia meniup lilin ulang tahun, dan saat itu Kim Shin kembali lagi padanya dengan penampilan ala kesatria jaman perang.
  7. Kim Shin kembali berkat karunia dewa. Tugasnya kini membuat orang-orang di sekitarnya ingat padanya terutama pada Eun Tak.
  8. Saat Eun Tak ingat kalau dia adalah pengantin Goblin, mereka akhirnya menikah.
  9. Namun tidak berapa lama setelah pernikahannya Eun Tak meninggal dunia karena kecelakaan.
  10. Goblin kini sendiri selama puluhan tahun, ditambah lagi oleh kepergian malaikat maut dari bumi karena tugasnya telah berakhir.
  11. Malaikat maut pergi mengantarkan arwah Sunny yang berusia 68 tahun sebagai tugas terakhirnya di bumi.
  12. Setelah beberapa lama hidup sendiri di bumi, Goblin akhirnya kembali menemukan Wang Yeo dan Sunny hidup dengan kehidupannya yang ketiga. Sedangkan dia masih belum menemukan Eun Tak. 
    lee dong wok - yoo in na - goblin
  13. Pada scene akhir Eun Tak muncul dari belakang Kim Shin yang sedang duduk di bukit di Kanada lalu berkata akhirnya ketemu juga.

goblin 2016 end scene

Akhir kata

Demikian sinopsis drama korea Goblin. Satu hal yang saya petik dari drama tersebut adalah kita harus menghargai hidup ini. Kehidupan kita di bumi saat ini jangan disia-siakan dengan perbuatan yang buruk. Jadilah seorang yang berguna bagi orang lain, dan jadilah seorang yang benar.

Sinematografi Goblin dibuat dengan sangat bagus. Gambar yang ditampilkan sangat memanjakan mata. Pakaian yang dikenakan juga sangat fancy. Drama ini menjadi salah satu drama terbaik yang wajib kamu nonton seumur hidup.

Judul Lain : The Lonely, Shining Goblin / Guardian : The Lonely and Great God
Genre : fantasy dan romance
Episode : 16 Episode
Artis Korea dalam drama Goblin :

  1. Gong Yoo
  2. Lee Dong‑wook (juga hadir dalam drama Touch Your Heart)
  3. Kim Go-eun
  4. Yoo In‑na
  5. Yook Sungjae
  6. Kim So‑hyun
  7. Kim Min‑jae
goblin korean drama cast pemeran
Sumber gambar : Screen shot drama Goblin di channel TVN

OST :




Birhtday

Celebrity

Drama

Kpop